Prospek Kerja Jurusan Farmasi

Bagaimana Prospek Kerja Jurusan Farmasi? Peluang kerja jurusan Farmasi saat ini bisa dikatakan cukup luas. Kamu tidak perlu khawatir jika masa kuliahmu selama betahun-tahun tidak membuahkan hasil yang cemerlang untuk berkarir ke depannya.

Prospek Kerja Jurusan Farmasi

Dengan pembekalan pengetahuan mengenai dunia Farmasi kamu bisa memanfaatkannya untuk bekerja di instansi kesehatan. Berikut akan diulas mengenai jurusan Farmasi dan prospek kerjanya.

A. Dunia Perkuliahan Program Studi Farmasi

1. Tidak Hanya Mempelajari Obat-Obatan

Secara umum jurusan Farmasi identik dengan bidang ilmu pengetahuan yang mempelajari tentang obat-obatan. Mahasiswa akan diajari bagaimana meracik obat dan diperkenalkan mengenai struktur senyawa obat.

Selain itu kamu juga akan diajari bagaimana mengolah obat dan bagaimana cara agar obat tersebut layak dan aman untuk dikonsumsi.

Namun, prodi ini tidak hanya fokus pada peracikan obat-obatan saja tapi juga akan mendapatkan pengetahuan bagaimana cara melakukan penyimpanan obat yang aman dan penyalurannya.

Kemudian juga jurusan ini berhubungan erat dengan kesehatan. Dengan pengetahuan kesehatan akan membantu mahasiwa Farmasi untuk melakukan penanganan dengan obat yang sesuai.

2. Masa Kuliah

Jika kamu terjun di dunia perkuliahan yang fokus dengan bidang Farmasi, maka waktu yang ditempuh untuk menyelesaikan kuliah sekitar 3,5 tahun sampai 4 tahun.

Kuliah Farmasi ini berada di bawah Fakultas Kedokteran sehingga, sangat erat dengan dunia kesehatan. Setelah kamu mendapatkan gelar Sarjana Farmasi, kamu bisa mengambil pendidikan profesi Apoteker selama satu tahun.

Jangan khawatir mengenai prospek kerja jurusan Farmasi karena pada saat ini kebutuhan masyarakat terhadap tenaga ahli di bidang kesetan maupun Farmasi sangat meningkat.

Sehingga, peluang untuk mendapatkan kerja setelah lulus juga terbuka sangat lebar. Kamu bisa memanfaatkan peluang tersebut untuk berkarir di dalamnya dengan bekal ilmu pengetahuan yang kamu peroleh.

Baca juga: Prospek Kerja Jurusan Kedokteran

B. Alasan Mengapa Memilih Program Studi Farmasi

1. Termasuk Ke Dalam Bidang Ilmu Kesehatan

Prospek Kerja Jurusan Farmasi

Bagi kamu yang menyukai dunia kesehatan, Farmasi sangat cocok untuk tekuni. Tidak hanya dokter, Farmasi juga banyak dicari oleh instansi-instansi kesehatan.

Pada saat ini juga kesehatan menjadi kebutuhan utama bagi masyarakat. Sehingga kesehatan menjadi kebutuhan yang akan diprioritaskan. Dengan berkuliah di bidang ini kamu akan jadi lebih paham dengan dunia kesehatan.

Bidang Farmasi merupakan kombinasi dari ilmu kesehatan dan ilmu kimia. Kamu akan fokus dengan dua pembelajaran yakni masalah kesehatan dan bagaimana cara penanganan melalui obat yang sesuai.

Sehingga kamu akan mempunyai tanggung jawab terhadap keefektifan dan keamanan obat.

Baca juga: Prospek Kerja Jurusan Kedokteran Gigi

2. Bidang Ilmu Pengetahuan Yang Terus Mengalami Perkembangan

Ilmu pengetahuan pada bidang apapun akan terus mengalami perkembangan mengikuti zaman. Bidang Farmasi juga termasuk ke dalam ilmu pengetahuan yang terus mengalami perkembangan.

Selain itu juga akibat pengaruh permintaan pasar jurusan Farmasi akan melakukan perkembangannya. Jadi jangan khawatir jika bidang ini akan ketinggalan zaman.

Banyak perguruan tinggi yang melakukan pengembangan alat pendidikan untuk memenuhi kebutuhan zaman. Karena dunia kesehatan akan terus mengalami perkembangan.

Sehingga perubahan itu juga akan mempengaruhi dunia Farmasi. Kamu akan diajari untuk meracik obat yang dibutuhkan oleh konsumen yang mempunyai keluhan yang berbeda. Sehingga, kamu harus siap dengan segala perubahan tersebut.

3. Dapat Membangun Hubungan Secara Langsung Dengan Pasien

Sebagian mahasiswa Farmasi mempunyai keinginan untuk melakuakn pendekatan dengan pasien melalui cara yang berbeda. Seorang Apoteker akan memberikan perawatan yang fokus ke pasien.

Kamu juga akan melakukan banyak kolaborasi bersama dengan dokter agar pasien mendapatkan obat yang sesuai dengan kebutuhannya.

jika kamu ingin menjadi garda terdepan untuk membantu banyak orang yang mempunyai permasalahn kesehatan peluang ini bisa kamu manfaatkan dengan sebaik-baiknya.

Dengan menjadi anggota tim perawat akan mengurangi kesalahan terhadap penggunaan obat pasien dan tentunya dapat mengurangi biaya yang berlebih.

Baca juga: Prospek Kerja Jurusan Kedokteran Hewan

C. Prospek Kerja Jurusan Farmasi

1. Farmasi Industri

Prospek Kerja Jurusan Farmasi

Di masa sekarang persaingan di dunia kerja sudah sangat ketat. Jika tidak mempunyai banyak pengetahuan dan pengalaman maka kamu harus dengan perlakuan orang-orang sekitar dan lingkungan.

Jadi kamu harus memanfaatkan waktu yang tersisa untuk menyiapkan diri untuk memulai karir setelah lulus dari dunia perkuliahan.

Perkuliahan di bidang farmasi kamu akan banyak diajari tentang meracik obat-obatan, sehingga kamu bisa memanfaatkan pengetahuan itu untuk terjun di bidangnya.

Peluang kerja jurusan Farmasi yang banyak di incar oleh mahasiswa yaitu menjadi Farmasi industri. Di bidang ini kamu akan mendapatkan gaji sekitar RP4.000.000 sampai RP8.000.000 juta per bulan.

2. Instansi Pemerintah

Prospek kerja jurusan Farmasi yang bisa kamu coba setelah lulus kuliah yaitu terjun ke instansi pemerintah. Seperti contohnya, bekerja di lembaga resmi pemerintahan yang bertugas dalam pelegalan obat-obatan serta makanan yaitu BPOM.

Kamu yang sudah mendapat bekal tentang dunia obat-obatan tidak akan membuatmu merasa asing dengan dunia pekerjaan tersebut.

Gaji yang ditawarkan saat bekerja di lembaga resmi pemerintah sekitar RP2.500.000 sampai RP.16.500.000 juta per bulan sesuai dengan posisi yang kamu miliki.

Kamu juga harus mempersiapkan diri untuk bersaing dengan para lulusan Farmasi lainnya. Karena instansi pemerintahan seperti BPOM banyak diincar oleh lulusan Farmasi.

3. Apotek Dan Laboratorium Klinik

Peluang kerja yang bisa kamu coba yaitu bekerja di fasilitas kesehatan. Apotek dan Laboratorium klinik merupakan bidang utama yang memberikan kesempatan paling besar bagi para mahasiswa lulusan bidang tersebut.

Ditambah dengan kebutuhan yang semakin meningkat pada bidang itu membuat peluang berkarirmu juga besar.

Namun jika kamu ingin menjadi seorang Apoteker dengan kemampuan yang lebih baik, kamu wajib menempuh pendidikan profesi Apoteker selama dua semester atau satu tahun.

Kemudian dengan bukti pendidikan itu kamu bisa mendirikan apotek sendir dengan gaji yang didapatkan sekitar RP3.500.000 juta per bulan.

Baca juga: Prospek Kerja Jurusan Kesehatan Lingkungan

4. Komunitas Farmasi

Prospek Kerja Jurusan Farmasi yang berikutnya adalah menjadi komunitas Farmasi. Tugas dari komunitas ini yaitu memberikan pelayanan kesehatan terhadap masyarakat tertentu.

Kamu juga bisa memberikan pelayanan kesehatan dan pengetahuan mengenai obat-obatan  terhadap komunitas masyarakat, puskesma, klinik dan apotek.

Dengan bekal ilmu pengetahuan yang kamu miliki tentang dunia kesehatan serta obat-obatan, kamu bisa bekerj adi pelayanan publik yang berkaitan erat dengan komunitas masyarakat tersebut.

Selain kamu bisa memberikan pelayanan kepada masyarakat, kamu juga bisa tahu langsung keluhan masyarakat di lapangan secara langsung. Untuk gaji yang diperoleh sekitar RP2.500.000 per bulan.

5. Penyuluhan Kesehatan

Bagi kamu yang ingin mengabdi ke masyarakat dengan lebih mendekatkan diri dengan mereka, profesi sebagai penyuluhan kesehatan sangat cocok untuk kalian coba.

Kamu bisa membuat semacam fasilitas kesehatan atau program kesehatan untuk membantu masyarakat yang kesulitan mendapatkan pelayanan kesehatan. Serta kamu bisa membantu masyarakat yang minim ekonomi untuk berobat.

Sebelum itu kamu harus melakukan observasi ke lapangan secara langsung. Kamu harus mengindifikasi menegnai kebutuhan yang diperlukan oleh masyarakat.

Setelah selesai mengumpulkan data kamu bisa langsung melakukan perencanaan, pelaksanaan, dan lain-lain untuk program yang hendak kamu laksanakan.

Baca juga: Prospek Kerja Jurusan Ilmu Gizi

Kesimpulan

Itulah tadi hal-hal yang berkaitan dengan dunia perkuliahan di jurusan Farmasi dan peluang kerja yang bisa kamu coba. Setiap ilmu pengetahuan yang kamu dapat pasti akan membawa manfaat tersendiri bagi diri sendiri maupun untuk masyarakat.

Jadi kamu tidak perlu khawatir tentang prospek kerja yang bisa kamu coba di kemudian hari sesuai dengan jurusan yang kamu tekuni.

Sekian artikel berjudul Prospek Kerja Jurusan Farmasi, semoga bermanfaat.

Loker Pintar tidak pernah meminta kompensasi atau biaya apa pun untuk perekrutan di situs ini, jika ada pihak atas nama kami atau perusahaan yang meminta biaya seperti transportasi atau akomodasi atau apa pun dipastikan itu PALSU.

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More

error: Content is protected !!